Senin, 11 Juli 2011

NIC

Apa itu NIC?
NIC atau disebut juga dengan Network Interface Card adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah NIC yang tidak ada secara fisik dan menggunakan sepenuhnya perangkatlunak yang siinstallasikan di atas Sistem Operasi dan bekerja seolah-olah dirinya adalah sebuah NIC, contohnya adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter.
Gambar di atas merupakan contoh NIC yang bersifat fisik (Ethernet yang memiliki dua jenis konektor: BNC dan UTP).

NIC berfungsi sebagai penghubung dalam jaringan dengan dibantu ole media transmisi(akan kita pelajari setelah materi ini) seperti dengan menggunakan media kabel.
NIC-lah yang paling menentukan kecepatan transfer data dalam suatu jaringan, meskipun kecepatan transfer data itu juga dipengaruhi oleh arsitektur jarngan lainnya.
Kecepatan transfer data di dalam jaringan internet terbai menjadi beberapa macam, sesua namanya kecepatan transfer data dalam jaringan internet itu ada yang dikenal sebagai Fast Ethernet dengan kecepatan 100Mbps, Gigabit Ethernet=1000Mbps, 10 Gigabit Ethernet=10000Mbps.
Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan. Media yang umum digunakan, antara lain adalah kabel UTP Category 5 atau Enhanced Category 5 (Cat5e), kabel fiber-optic, atau radio (jika memang tanpa kabel).

Transmisi parallel dan transmisi serial.
Aliran data dalam bus komputer disebut dengan transmisi data, transmis data dapat dibagi menjadi:
a. Transmisi Serial
- Suatu pengiriman data disebut serial, jika sekelompok bit data ditransmisikan secara berurutan (serial / bit demi bit) dgn melewati satu jalur transmister dan satu jalur receiver
- Sebelum dikirimkan, data dikonversikan dari paralel ke serial
- Sistem ini digunakan untuk transmisi data yang memiliki jarak jauh
b. Transmisi Paralel
- Suatu pengiriman data disebut paralel, jika sekelompok bit data ditransmisikan secara bersama-sama dan melewati beberapa jalur transmisi yang terpisah.
- Proses pengiriman data lebih cepat
- Sistem ini akan lebih efektif untuk transmisi data yang memiliki jarak tidak terlalu jauh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar