Kamis, 21 Juli 2011

Subneting IP versi 4

SUBNETING
Subnet Mask: merupakan istilah yang mengacu kepada angka biner yang digunakan untuk membedakan network id dengan host id, menunjukkan letak suatu host, apakah berada di jaringan local atau jaringan luar.
Membuat sebuah LAN
Setiap computer dikonfigurasi dengan IP address yang telah ditentukan pada gambar, cara mengkonfigurasinya sesuai dengan langkah-langkah mengkonfigurasi pada laporan sebelumnya. Kemudian melalui command prompt lihat PC yang terhubung dalam jaringan tersebut dengan mengetikkan net view dan tekan enter maka akan muncul seperti berikut ini:

Setelah itu lakukan uji koneksi dari masing-masing PC ke PC yang lain dengan menggunakan command Ping
Kesimpulan:
Setiap PC yang terhubung didalam jaringan yang memiliki ner id yang sama tanpa adanya subneting, semuanya akan saling terhubung satu sama lain.

Membuat LAN dengan 2 subnet:
Langkah petama adalan mengkonfigurasi setiap PC sesuai dengan IP Adress dan subnet mask yang telah ditentukan pada gambar di atas. Setelah itu lihat PC mana saja yang terhubung dengan jaringan dengan melalui command prompt dan ketik net view, maka akan muncul PC-PC yang terhubung dalam satu jaringan tersebut.
Semua PC yang terhubung dalam jaringan itu(meskipun dalam subnet berbeda) akan tampil setelah diketikkan net view, akan tetapi, ketikan di ping (melalui command prompt).
Kesimpulan:
Table ping di atas adalah hasil ketika subnet kelompok A= 255.255.255.128 dan kelompok B=255.255.255.128. kelompok A dan kelompok B berada pada jaringan yang sama tetapi terbagi menjadi subnet-subnet. Kelompok A tidak bias melakukan transfer data dengan kelompok B karena subnetmask pada kelompok A hanya mengizinkan 126 host, sedangkan IP Address PC kelompok B mulai dari 192.168.1.131-192.168.1.138, hal ini jelas-jelas di luar kuota host kelompok A, begitu pula sebaliknya, kelompok B tidak akan bias bertransfer data dengan kelompok A karena telah terbagi dalam subnet-subnet jaringan.


Membuat LAN dengan 4 subnet:
LAN dibangun seperti gambar d bawah ini(hanya merubah konfigurasi IP Address dan Subnet Mask masing-masing PC, susunannya sama dg LAN 2 subnet):

 Lihat PC mana saja yang terhubung dengan command prompt DOS dan ketikkan net view, hasilnya semua PC terhubung dalam jaringan tersebut.
Langkah berikutnya adalah melakukan tes koneksi dari masing-masing PC ke PC lainnya dengan menggunakan command Ping,
Kesimpulan:
• PC yang memiliki net id yang sama akan terkoneksi
• PC dengan subnet mask 255.255.0.0 akan dapat teroneksi dengan PC yang memiliki net id berbeda asalkan memiliki subnet mask sama.
• PC yang subnet mask nya 255.255.255.0 hanya bias terkoneksi dengan PC yang memiliki net id sama, meskipun subnet masknya berbeda.

Manfaat dan kegunaan Subneting dalan jaringan
• Subneting bermanfaat untuk jaringan besar yang perlu dibagi menjadi kelompok-kelompok agar tahu perbedaannya.
• Subnetijng juga memungkinkan untuk suatu kelompok dalam satu jaringan untuk dapat menjaga kerahasiaan datanya agar tidak dapat diakses oleh pengguna lain dengan subnet berbeda dalam satu jaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar