Kamis, 14 Juli 2011

Sistem Komputer

Sedikit Mengenai Sistem Komputer
Hal pertama yang perlu diketahui adalah bahwa sistem komputer terbagi atas:
1.       Hardware
2.       Software
3.       Brainware
Sedangkan Sistem Operasi merupakan software yang berfungsi untuk menghubungkan brainware dengan hardware.
Hardware hanya “mengerti” bahasa mesin atau yang dikenal juga dengan bahasa assembly (0 dan 1). Untuk itu dibutuhkan software yang dapat menterjemahkan bahasa pemograman menjadi bahasa yang dapat dikenali oleh hardware.
Ketika komputer dihidupkan, proses pertama yang dilakukan adalah proses booting yang terjadi pada BIOS. Pengembangan dari sistem BIOS saat ini adalah EFI. EFI pada dasarnya dama dengan BIOS, bedanya hanya pada EFI sudah memiliki semua data hardware. Akan tetapi, EFI hanya digunakan untuk komputer tertentu saja. Contohnya pada laptop merk APPLE yang telah menggunakan EFI dan hanya bisa diinstallkan Mac Operating System.
Setelah BIOS atau EFI di load, yang paling pertama dipanggl di dalam sistem operasi adalah kernel yang merupakan inti dari sistem operasi dan merupakan sebuah program paling dasar yang menyimpan program untuk bagaimana mengatur hardware. Kernel menggunakan memori 4Gb dan terletak pada prosesor.Kernel ada yang versi 32 yang digunakan untuk windows versi 32 bit yang artinya adalah sistem yang dapat memproses 32 bit dalam satu kali blok pemprosesan. Selain versi 32, kernel juga ada versi 64 yang juga dapat digunakan untuk sistem windows versi 64 bit, sebagaimana pada versi 32, pada kernel versi 64 juga dapat memproses 64 bit dalam satu kali blok pemprosesan.
Setelah me-load kernel, dilanjutkan dengan me-load driven yang terhubung pada komputer tersebut.
Selanjutnya adalah me-load shell yang merupakan tempat untuk melakukan intruksi pada komputer, misalnya memasukkan instruksi melalui command promt. Cara mengakses komputer atau memasukkan instruksi ke komputer melalui shell disebut dengan CLI(Command Line Interface) yang merupakan kegiatan memasukkan instruksi melalui command promt atau ada juga yang dikenal dengan GUI(Graphic User Interface) yang merupakan kegiatan memasukkan instruksi hanya denan mengklik-klik saja, seperti pada komputer yang dilengkapi dengan layar sentuh (thouch screen).
Setelah me-load shell dilanjtkan dengan me-load X-windows, windows manager dan setelah itu me-load tema, pada sistem operasi yang open source, proses me-load hanya sampai pada windows manager saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar